The Shawshank Redemption


the-shawshank-redemption.18663

Tadi malam, saya menonton sebuah film berjudul “The Shawshank Redemption”. Sebuah film lama tahun 1994 yang diadaptasi dari sebuah cerita pendek karya Stephen King. Film ini masih menduduki rating nomor 1 di IMDB dengan rating 9.3. Sebelumnya saya belum pernah menonton sebuah film dengan rating sangat tinggi.

The Shawshank Redemption bercerita tentang seorang bankir, Andy Dufresne, yang keliru divonis bersalah membunuh istri dan pria simpanan istrinya. Pada tahun 1947 ia dijebloskan ke dalam sebuah penjara bernama Shawshank, sebuah penjara yang terkenal kesadisannya. Andy diberi hukuman dua kali umur hidupnya.

Sekitar sebulan kemudian, Andy mulai mengenal Ellis “Red” Redding dan kawan-kawannya. Persahabatan mereka dimulai setelah Red menyelundupkan sebuah palu batu untuk Andy, demi hobinya mengkoleksi batu.

Pada tahun 1949, Kepala penjara Samuel Norton bertemu Andy dan memindahkannya ke perpustakaan penjara untuk membantu seorang tahanan bernama Brooks Hatlen dan membantu mengelola urusan keuangan penjara.

Brooks Hatlen adalah seorang tahanan tua. Ia masuk ke penjara Shawshank pada tahun 1905 dan mulai mengurusi perpustakaan penjara pada tahun 1912. Pada Tahun 1954, Brooks akhirnya dibebaskan setelah menjalani masa tahanan selama 50 tahun.

Screen-Shot-2014-08-17-at-18.40.21

Setelah keluar penjara, Brooks merasa bahwa dunia luar telah begitu berbeda dan ia kesulitan untuk menyesuaikan diri di luar penjara karena telah terbiasa dengan segala rutinitas di sana. Brooks hidup sebatang kara di sebuah rumah singgah bernama “The Brewer”, dan bekerja di sebuah supermarket bernama Food – Way sebagai  pengantong belanjaan. Brooks menulis surat kepada teman-temannya di penjara bahwa ia hidup dalam kesepian, ketakutan akan hidup dan kerinduaan akan teman-temannya di penjara. Ia berencana untuk membunuh boss-nya di tempat ia bekerja agar ditangkap dan bisa kembali hidup di penjara, tapi ia merasa ia sudah terlalu tua untuk itu. Maka pada akhirnya, Brooks bunuh diri dengan cara gantung diri pada langit – langit jendela di tempat ia tinggal, sebelumnya ia mengukir namanya pada kayu langit-langit. Brooks meninggal pada usia 72 tahun.

Ah, sungguh penjara paling menakutkan bukanlah dalam kurungan tapi merasa kesepian dan tak ada harapan hidup. Saya kemudian teringat akan sebuah kutipan “People do not die from suicide, they die from sadness”.

Kembali ke cerita film, pada Tahun 1965,  seseorang bernama Tommy Williams masuk penjara karena kasus pencurian. Ia kemudian menjadi akrab dan berteman Andy dan Red.

Pada Tahun 1966 setelah mendengar secara rinci tentang kasus Andy, Tommy merasa kasus Andy  sangat mirip dengan cerita seorang narapidana yang pernah menjadi teman sekamarnya di penjara lain, yang mengaku pernah membunuh seorang lelaki dengan teman selingkuhnya, yang merupakan seorang istri dari seorang bankir, dan bankir tersebut akhirnya yang dihukum karena kejadian itu. Andy kemudian mendiskusikan informasi ini ke Norton dengan harapan Norton bisa membantunya agar bisa dilakukan pengadilan ulang untuk kasusnya. Namun Andy malah mendapat hukuman karena kekecewaan yang diungkapkannya.

Setelah selesai dari hukuman Andy bercerita pada Red tentang harapan Andy untuk hidup dan tinggal di Zihuatanejo sebuah kota di Mexico yang memiliki pantai menghadap ke lautan Pasific. Bagi Red, harapan Andy tidak mungkin akan terjadi. Namun Andy berpesan saat Red bebas nanti, Red harus mengambil paket untuk Red di sebuah padang rumput dekat kota Buxton.

Esok harinya, tempat tahanan Andy sudah kosong. Andy berhasil melarikan diri melewati sebuah terowongan kecil dan pipa pembuangan penjara. Terowongan itu ia buat selama 20 tahun menggunakan palu kecil miliknya dan ditutupi poster Raquel Welch di dinding.

Red akhirnya dibebaskan setelah menjalani masa tahanan selama 50 tahun. Ia tinggal dan bekerja di tempat yang sama dengan tempat di mana Brooks pernah tinggal dan bekerja. Sama halnya dengan Brooks, Red pun mengalami kesulitan dan frustasi untuk hidup di luar penjara. Namun Red teringat akan pesan Andy sebelum Andy melarikan diri, kemudian Red  memutuskan untuk mencari kemungkinan akan adanya paket khusus untuknya di tempat yang diceritakan Andy dulu. Di sana ia menemukan sebuah kotak berisi uang dan surat dari Andy. Menariknya di akhir surart andy berpesan padanya :

the-shawshank-redemption-quotes

Berbeda dari film lama lainnya yang terkesan membosankan, film dengan durasi 2 setengah jam ini menarik. Banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil. Sungguh salah satu cara untuk menghidupi hidup adalah dengan memiliki harapan. Harapan yang membuat kita mampu untuk bertahan hari ini dan menginginkan hidup yang lebih baik besok. Harapan yang membuat kita merasa memiliki alasan untuk berbuat sesuatu, saat tak lagi ada harapan maka hidup hanya sebuah rutinitas kosong dan tak ada artinya.

Dunia semakin gila akhir-akhir ini, tapi semoga kita tak pernah hilang harapan. Untuk segala sesuatu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s